Catatan Perjalanan

xix

Penempuhan KT GMC Angkatan XIX

Taman Nasional BromoTengger Semeru, Januari 2009

Tumpang, 18 Januari 2009

Pukul 08.00 WIB hampir semua tim telah berkumpul di Pasar Tumpang, sebagai pos pemberangkatan menuju ke Ranu pane, Njoyo segera menuju ke Camp IKAPALA SMA Negeri 1 Tumpang untuk konfirmasi Transportasi menuju Ranupane.

127

Transportasi telah siap berupa Truk engkel dan TIM GMC SMK Negeri 4 Malang segera menaiki untuk menuju ke Pos 1 yaitu, Coban Pelangi.

Pukul 09.00 WIB tim tiba di Coban Pelangi, Anggota yang melaksanakan penempuhan KTA segera diturunkan untuk melakukan Hiking menuju Ranupane. Koordinasi dan tugas-tugas telah diberikan oleh Panitia Senior, maka tim senior naik truk untuk membagi pos-pos menuju ke Ranupane.

Pukul 09.30 WIB, pos jalur di turunkan di Jalur menuju ds. Njarak Ijo, sebagai antisipasi untuk tim penempuh agar tidak kesasar.

Pukul 10.30 WIB Pos 2 diturunkan di Njemplang yaitu jalur pertigaan menuju Bromo dan Ranupane.

Pukul 11.00 WIB sebagian Panitia Istirahat di nBantengan sambilmelihat pemandangan Alam (Savana Selatan Bromo) yang banyak dikenal orang sebagai bukit teletabis.

savana-1

Pukul 12.00 WIB tim tiba di pos Konservasi TNBS Di Ranupane, memasukan data ke Peserta dan Panitia yang memang telah tercatat (laporan dan menulis data ke Pak Sarmin). Perbekalan diturunkan dan Panitia segera menuju ke Ranu Regulo untuk membangun camp dan berkoordinasi kegiatan.

Pukul.13.00 WIB Koordinasi panitia pelaksana yang dibantu tim IKAPALA SMA Negeri 1 Tumpang, membagi tugas, membuat rute kegiatan, dan mengatur jadual kegiatan, tak lupa juga membagi tim konsumsi….makan… makan… makan.

koordinasi-1

Sambil menunggu peserta tim panitia yang telah tiba membuat kegiatan sendiri bagi panitia yaitu menikmati pemndangan, repling di watu tulis, Navigasi Darat dan penempatan pancing di Ranu Regulo Artinya mancing juga … tombro seberat 2 ons didapat, bakar dn di makan…


Pembagian pos kegiatan di Ranu Regulo telah disiapkan begitu juga dengan petugasnya serta rute dan jalur yang akan dilewati.

Panitia awal yang tiba di Ranu Regulo sangat sibuk sekali selain membuat camp, jalur kegiatan, konsumsi, juga membuat tim kesehatan dan tenda kesehatan. Perhitungan dan tingkat keselamatan kegiatan telah dipersiapkan dengan Savety yang paling utama.

Pukul 15.00 WIB semua persiapan telah Final, maka panitioa tinggal istirahat dengan menikmati suasana lam terbuka sambil mancing di Ranu Regulo yang memang diperbolehkan, tapi sulitnya sangat besar untuk mendapatkan ikan hampir 3 jam hanya dapat 1 tombro 2 ons beratnya.

1271

Pukul 17.00 WIB dapat informasi peserta telah tiba di Jurang Banteng, maka panitia juga memposisikan diri untuk persiapan bagi tugas langsung ke lapangan.

Pukul 19.00 WIB kelompok 3 telah tiba dan laporan, kondisi aman dan sehat, meskipun telihat sangat kelelahan dengan kondisi cuaca yang berbadai, dingin dan hujam deras.

65

Pukul 20.00 WIB semua tim telah tiba dengan kondisi 3 orang lemah fisiknya, dan hampir sakit, panitia segera meminta yang sakit untuk istirahat, namun peserta tetap bertahan ikut kegiatan, sampai selesai.

78

Kegiatan terus berjalan dengan hanya memberi waktu istirahat 1 jam kepada peserta, untuk menormalkan pernafasan dan fisik yang mulai banyak yang drop (turun).

Pukul 00.00 WIB mulai banyak peserta yang berjatuhan karena kedingin dan fisik telah habis, terlihat 11 orang yang pingsan ditunjang mempunyai penyakit lama (sesak nafas, mag, lever, asma).

Kegiatan hampir dihentikan karena banyaknya peserta yang jatuh pingsan, namun panitia dan tim kesehatn segera koordinasi lagi sambil memberi waktu istirahat kepada peserta untuk mendirikan tenda dan tidur. (bersambung)